Popular Posts

Sabtu, 24 Desember 2016

ILMU KELAUTAN


ILMU KELAUTAN ?  

Y : Kuliah dimanaa?

X : Ilmu Kelautan?

Y : hah, emang ada jurusan itu? terus kalo udah lulus mau jadi apa? nelayan?berlyar?
X : (dalam hati pasti jengkel bagi anak kelautan semester 3 seperti gw) 
Jawaban paling bisa gw jawab adalah
X : tu liat di peta luas mana daratan sama lautan? kalo laut luas gitu gak dikelola mau dijadiin apa? Mau dijadiin warna pelengkap buat globe aja?

Ada lagi pertanyaan yg kaya gini
Y : Kenapa masuk kelautan? Gak diterima di fakultas yg favorit ya?buangan ya?
Dulu sih gw ga bisa jawab emang gitu keadaannya, dulu gw mau masuk teknik sipil tp gak diterima :D. Jadi gw hanya bisa senyum2 sambil hati mengumpat cieee bicara hati hehehe

Tapi sekarang gw udh semester 3 di jurusan yg dulu gw malu ngakuinnya, selama 2 semester di jurusan ini gw mulai paham jurusan ini prospek kerjanya sangat tinggi karena anak kelautan gak kalah sama anak teknik yg gw impikan dulunya itu. Anak teknik terkenal bekerja dibawah tekanan dan harus bisa bekerja gesit, tangkas dan tepat. Anak kelautan juga gitu soalnya kalo lg praktik lapang harus gesit,tangkas dan tepat kalo lemot atau lelet pasti sdh jadi mayat di laut sana. Bukannya nakutin buat adek-adek yg mau masuk kelautan sihh tp bayangkan kalo kita lemot, yang kita hadapi ini alam bukan robot coyy. Alam itu ga bisa dilawan tp kita harus berkawan.

Lanjut buat jawaban yang nanyain kerja dimana nantinya?
Kita akan ulas dibawah

Berikut prospek kerja dari lulusan Ilmu Kelautan :

1. Lembaga Penelitian
Banyak Balai Penelitian yanga berkembang baik itu di bawah instansi pemerintah maupun swasta, mengingat industri kelautan menjadi salah satu industri yang akan terus dikembangkan karena masih banyak sekali sumber daya keluatan yang masih belum dimanfaatkan dengan baik.

2. Instansi Pemerintahan
Lulusan dari Ilmu kelautan juga bisa menjadi seorang PNS, mengingat banyak dinas-dinas terkait dengan kompetensi yang dimiliki. Bisa bekerja di Kementrian Kelautan, Dinas Kelautan Provinsi ataupun Kabupaten, dan Dinas-dinas terkait lainnya.

3. Tenaga Pengajar
Lulusan dari Ilmu Kelautan juga bisa menjadi seorang tenaga pengajar, baik itu menjadi guru di SMK Kelautan, maupun menjadi dosen di perguruan tinggi, namun tentu saja harus S2 dulu jika ingin menjadi dosen saat ini.

4. Wirausaha
Menjadi seorang wirausaha juga bisa menjadi pilihan, mengingat potensi kelautan kita yang sangat luas sehingga peluang berwirausaha di sektor ini cukup terbuka lebar.

5. Instruktur Diving
Lulusan dari Ilmu kelautan ini telah dibekali ilmu renang dan menyelam, sehingga bisa menjadi seorang instruktur diving untuk wisatawan. Selain itu tentu saja, lulusa ilmu kelautan mengerti banyak tentang segala biologi atau oragnisme laut sehingga mampu menjelaskan dengan baik pada wisatawan. Peluang menjadi pemandu diving juga terbuka lebar melihat potensi bawah laut yang begitu indah dan banyaknya wisatawan yang berminat untuk diving di negara kita.

Satu lagi yang gw mau tambahin di jurusan tercinta ini ada mata kuliah GIS, di mata kuliah ini kita diajarkan tata cara pembuatan peta wilayah daratan dan perairan yg biasanya dilirik para konsultan untuk memperkerjakan mahasiswa jurusan gw. Bahkan menurut kaka senior gw satu peta dihargai sampai ratusan ribu, lumayankan buat mempertebal dompet mahasiswa :D Sambil memperdalam materi kuliah juga bisa sambil kerja.

Sekian dulu yaa postingan gw mungkin bisa mengatasi gundah gulana anak ilmu kelautan di luar sana yg bingung mau kerja apa setelah lulus. Tetap semangat MARINERS !!!!!
Tetap bangga jadi anak kelautan yaa. Salam gw dari MARINERS Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar